Home » » Pemboorong pekerjaan sipil bangunan di bekasi

Pemboorong pekerjaan sipil bangunan di bekasi

Written By Khadirin on Sabtu, 07 Juni 2014 | 05.30

renovasirumah-impian.blogspot.com
I. Pekerjaan Awal
  1. Teknik Sipil - PengukuranYang dimaksud dengan pengukuran adalah sebelum memulai pekerjaan, untuk menentukan posisi dari bangunan dilakukan pengukuran batas-batas, volume pengukuran adalah dihitung dg satuan lumpsum, missal diperkirakan dikerjakan 2 hari dengan 2 tukang, sehingga perhitungan sbb ,upah tukang Rp.50.000, maka biaya 50.000 x 2 x 2 = Rp. 200.000.
  2. Bowplank Digunakan untuk membantu menentukan As atau letak titik dari bangunan, dengan cara membuat pagar menggunakan papan2/15 dipaku pada kayu ukuran 5/7 sebagai tiang, dibuat dengan jarak 1 meterdari as bangunan dipasang keliling bangunan. Misal rumah ukuran 6 x 7 , maka volume bowplank adalah (6+1+1) + (7+1+1) =17m. Harga dan kebutuhan material dapat dilihat pada Analisa pekerjaan.
II. Pekerjaan Galian dan urugan
  1. Galian Adalah pekerjaan menggali yang berhubungan dengan pembuatan fondasi, dalam dan lebarnya fondasi ditentukan oleh type fondasi. Misal lebar bawah fondasi 70 cm, maka lebar dari galian adalah 70 cm ditambah kiri 10 cm kanan10 cm menjadi 70 + 20 = 90 cm, sedangkan kedalaman galian juga ditentukan oleh keadaan tanah baik, tetapi kalau kondisi tanah biasa umumnya kedalaman galian 70 cm, maka volume galian adalah 0.9 m x 0.7 m x panjang fondasi = satuan m3, sedangkan untuk menentukan berapa jumlah tenaga atau upah dapat dilihat analisa pekerjaan galian.
  2. Urugan Adalah pekerjaan mengurug lantai bangunan, volume dihitung luas bangunan dikalikan tinggi urugan satuan m3, kebutuhan material urugan dan jumlah tenaga atau upah dapat dilihat pada analisa pekerjaan.
  3. Mengurug kembali Adalah mengurug bekas galian Fondasi, volume biasanya dihitung 1/3 dari volume galian, contoh volume galian 60 m3 maka urugan kembali adalah 60m3/3 = 20 m3.
III. Pekerjaan Fondasi
  1. Lantai Kerja Adalah suatu item pekerjaan yang lokasinya dibawah fondasi (lihat fondasi Rumah), lantai kerja dapat berupa urugan pasir dengan tebal 10 cm, pasangan batu kali kosong, atau beton dengan campuran 1:3:5 tebal 5 s/d 10 cm. Cara perhitungan adalah luas dikalikan tebal dengan satuan m3, kebutuhan material dan upah lihat analisa pekerjaan.
  2. Pasangan Fondasi yang kami maksudkan disini adalah fondasi batu kali (stal) untuk bangunan rumah lantai 1, cara menghitung volume hitung semua panjang fondasi kemudian dikalikan tinggi fondasi, dan dikalikan (lebar atas + lebar bawah dibagi 2), satuan m3. Contoh: panjang seluruh fondasi 50 meter, tinggi fondasi 0,7 meter, lebar atas fondasi 0.3 meter lebar bawah fondasi 0.7 meter, maka volumenya adalah 50 x0,7 x ((0,3 + 0,7) / 2) = 17,5 m3.
IV. Pekerjaan Beton
  1. Sloof Yang dimaksud dengan sloof adalah struktur bangunan yang berada diatas fondasi untuk lebih jelas lihat sloof rumah lantai 1 dan
  2. Cara menghitung volume sebagai berikut : untuk volume beton panjang total sloof x lebar x tinggi = satuan m3. Untuk perhitungan jumlah besi beton, pertama yang dicari adalah jumlah begel, dengan cara panjang total sloof dibagi jarak begel ditambah 1 = jumlah begel, jumlah begel dikalikan panjang satu begel = panjang total besi beton yang dibutuhkan. Misal sloof 15/20, begel d 8 – 15, panjang total 25 meter, jumlah begel =(25/0.15)+1=167,6 bh = 168 bh, sedangkan panjang satu begel = ((15 -5)x 2)+((20-5) x 2)= 50 cm, maka total besi beton untuk begel adalah 0,5 x 168 = 84meter, satu batang besi beton panjang standar adalah 12 m, 84/12= 7 batang. Untuk menghitung besi beton tulangan pokok yaitu dengan cara jumlah tulangan pokok dikalikan panjang total.
  3. Sedangkan untuk perhitungan RAB besi beton tidak dihitung, yang ditampilkan adalah volume beton.
  4. Kolom Cara menghitung Volume adalah tentukan atau hitung jumlah kolom kemudian dikalikan tinggi kolom, sehingga mendapat total panjang kolom x lebar x tinggi = volume kolom satuan m3.
  5. Ring balk. Cara menghitung volume sama dengan perhitungan sloof dan kolom.
V. Pekerjaan Dinding
  1. Pasangan Bata. Dinding pasangan bata ada 2 cara menghitung yaitu dengan cara perhitungan luas dan dengan cara perhitungan isi, untuk perhitungan isi jarang sekali digunakan, akan tetapi bila suatu saat dibutuhkan dengan cara perhitungan isi, caranya adalah luas x tebal, untuk tebal tergantung jenis pasangan bata, pasangan 1 bata atau ½ bata ,untuk ukuran 1 bata yaitu 30 cm sedangkan ukuran ½ bata 15 cm. Cara menghitung luas pasangan bata adalah sebagai berikut, pertama hitung keliling dari dinding, kalikan dengan tinggi dinding, dan dikurang luas dari daun jendela, daun pintu, boven, satuan m2.
  2. PlesteranVolume plesteran adalah 2 x dari volume pasangan bata.
  3. AcianSama dengan cara menghitung volume plesteran tetapi dikurangi, daerah yang tidak di aci seperti dinding keramik dll.
  4. Sponengan atau tali air Sponengan atau tali air adalah batas antara kusen dan plesteran, bila lebar kusen kurang dari lebar dinding (15 cm) maka batas antara kusen dan plesteran disebut sponengan, sedangkan bila lebar kusen sama dengan lebar dinding maka batas antara kusen dan plesteran disebut tali air.
VI. Pekerjaan Kusen dan Pintu, Jendela
  1. Pembuatan Kusen Cara perhitungan kusen pada RAB ada 2 macan yaitu dengan satuan jadi, atau m3, untuk satuan m3 yaitu hitung semua panjang dari bahan pembuat kusen kemudian dikalikan dengan tebal dan lebar dari kayu, satuan m3. Kebutuhan material dan upah dapat dilihat pada analisa pekerjaan.
  2. Daun Pintu. Daun pintu ada beberapa macam, missal daun pintu panil atau doble plywood, dalam perhitungan volume untuk RAB biasanya di hitung perunit.
  3. Pasang Kusen Pintu dan Jendela Volume pemasangan bermacam-macam, antara lain dg cara panjang keliling kusen, perlubang, atau perunit.
  4. Pasang Daun Pintu dan Jendela Volume pemasangan dihitung perunit, diluar pemasangan kunci tanam, hak angin, slot.
VII. Pekerjaan Rangka Atap.
  1. Pembuatan Kuda-Kuda Volume dihitung dengan satuan m3, yaitu panjang total bahan dikalikan dimensi kayu yang dipakai. Contoh, panjang total bahan yang digunakan untuk kuda-kuda adalah 25meter kayu yang digunakan 8/12 maka volume adalah 25 x 0.08 x 0.12 =0.24 m3.untuk harga dapat dilihat analisa pekerjaan.
  2. Pembuatan Gording. Yang dimaksud dengan pembuatan gording adalah pembuatan sambungan antara gording, satuan adalah m3, cara mencari volume sama dengan cara mencari volume pada perhitungan kuda-kuda.
  3. Pembuatan Jurai. Sama dengan pembuatan gording,
  4. Pembuatan Balok Nok. Sama dengan pembuatan gording, dan Jurai. Untuk ketiga item pekerjaan tersebut dimensi kayu biasanya sama hanya letak saja yang membedakan nama item pekerjaan.
  5. Pasang Kuda-kuda.Yang dimaksud pasang kuda-kuda biasanya disebut erextion kuda-kuda, adalah pemasangan kuda-kuda dilokasi tempatnya kuda-kuda. Tidak membutuhkan material tambahan karna kuda-kuda dipasang setelahdibuat. Biaya biasanya diambil 50 % dari biaya pembuatan kuda-kuda. Begitu juga untuk pemasangan jurai, gording, balok nok. Satuanvolumenya adalah m3.
  6. Pasang Papan Suri. Yang dimaksud dengan papan suri adalah, papan yang letaknya diatas balok nok, yang berfungsi untuk menahan kerpus, ukuran yg digunakanbiasanya 2/20 dapat juga lebih kecil atau lebih besar sesuai kebutuhandilapangan. Satuan volumenya adalah m’.
  7. Pasang Usuk. Usuk biasanya menggunakan kayu ukuran 4/6 atau 5/7, yg sering digunakan adalah kayu ukuran 5/7, untuk atap yg menggunkan asbes atau seng tidak memakai usuk, cukup dengan gording. Perhitungan usuk yaitu luas dengan satuan m2. kebutuhan matererial dan upah lihat analisa pekerjaan.
  8. Pasang Alumunium poil. Pemasangan alumunium poil dimaksudkan untuk mengurangi panas danmencegah tampias saat terjadi hujan yang disertai angin, bahan yang digunakan tidak mutlak alumunium poil, dapat diganti dengan karpetatau seng plat. letak alumunium poil adalah diantara usuk dan reng. Satuannya adalah m2.
  9. Pasang Reng. Reng ukuran yang digunakan ada dua macam yaitu 2/3 atau¾, tergantung jenis genteng yang dipakai, untuk genteng beton biasanya menggunakan ukuran ¾ , perhitungan reng adalah sama dengan menghitung usuk yaitu luas dengan satuan m2. (luas reng sama dengan luas dari usuk).
  10. Pasang Genteng ada beberapa jenis, akan tetapi yang umum adalah genteng beton dan genteng keramik. Perhitungan volume adalah luas dengan satuan m2. biasanya sama dengan luas reng maupun usuk.
  11. Pasang talang Talang ada beberapa jenis bahan yang digunakan, talang seng, talang PVC, talang beton, untuk setiap jenis bahan cara perhitungan volume berbeda-beda, untuk talang yang terbuat dari seng volume nya adalah luas dengan satuan m2, talang yang terbuat dari PVC volumenya adalah panjang dengan satuan m’, sedangkan untuk talang beton dapat dihitung dengan m3 ataupun m2.
  12. List plank ada beberapa jenis bahan yang digunakan, yaitu bahan darikayu, beton, pvc, fiber dll, tetapi saat ini list plank yang sering digunakan adalah terbuat dari kayu dan beton, perhitungan volume ada yang menggunakan m’,m2,m3. perhitungan volume tidak mengikat.
VIII. Pekerjaan Penggantung dan Pengunci.
  1. Rangka Plafond Rangka plafon ada beberapa jenis bahan yang digunakan, yaitu rangka kayu 4/6, rangka besi (bermacam-macam). Untuk perhitungan volume kalau menggunakan kayu biasanya dihitung luas, sedangkan untuk besi dihitung dengan berat (kg).
  2. Pasang PlafonPlafon bermacam-macam dari jenis bahan yang digunakan, seperti, bahan kayu, eternit, asbes plat, playwood, gibsum dll, untuk perhitungan volume adalah luas dengan satuan m2.
  3. Pasang Kunci tanam, grendel, hak angin. Perhitungan menggunakan satuan unit, atau buah.
  4. Pasang Kaca.Pemasangan kaca yaitu dengan perhitungan luas satuan m2.5. List plafond Yang dimaksud dengan list plafon adalah list yang berada dipinggir pertemuan antara plafond dengan dinding, tujuan pemasangan list, agarterlihat rapi. Satuan volume adalah m’
IX. Pekerjaan Lantai dan keramik.
  1. Beton Lantai 1:3:5 Yang dimaksud dengan beton lantai, biasanya disebut floor, ataup lesteran lantai, tebal beton lantai untuk rumah tinggal mulai dari 5 cmsampai dengan 10 cm. sebelum lantai diplester sebaiknya diberi urugan pasir setebal 10 cm. Untuk perhitungan volume lantai beton m3, tetapi kadang-kadang ada yang membuat m2.
  2. Pasang keramik lantai utama dan wc. Pemasangan keramik lantai volume yang digunakan adalah luas dg satuanm2.
  3. Pasang Keramik Dinding. Pemasangan keramik dinding volume yang digunakan adalah luas dg satuan m2.
X. Pekerjaan Sanitasi
  1. Pasang Saluran air bersih pvc ¾”. Perhitungan volume adalah panjang dengan satuan m’.
  2. Pasang Saluran Air kotor pvc 4” Perhitungan volume adalah panjang dengan satuan m’.
  3. Pasang Closet, kran Perhitungan volume adalah buah atau unit.
  4. Pembuatan Septick tank atau beerput. Septick tank atau beerput adalah suatu tempat untuk menampung kotoran manusia, perbedaan septick tank dan beerput adalah dari bentuk medan bahan yang digunakan akan tetapi fungsinya sama. Septick tank bahan yang digunakan adalah pasangan bata, dengan ukuran persegi panjang, sedangkan kalau beerput bahan yang digunakan buis beton diameter 80 cm s/d 90 cm. biasanya perhitungan volume adalah unit (lansung jadi).
  5. Saluran Peresapan atau Sumur Peresapan. Saluran peresapan atau sumur peresapan adalah suatu bangunan yangberfungsi sebagai peresapan air dari buangan septick tank.
Teknik Sipil - Untuk persiapan membangun, biasanya diperlukan perhitungan terlebih dahulu agar nantinya bisa memperkirakan biaya yang di butuhkan. Bagi masyarakat awam, tentunya belum terbiasa dengan perhitungan atau analisa teknis, sehingga terkadang butuh bantuan pihak ke-3 atau tenaga profesional.
Berikut ini contoh cara perhitungan volume dan juga analisa cara penghitungan kebutuhan bahan dan biaya (RAB) untuk pekerjaan pasangan bata:
Perhitungan 1 m2 Pasangan 1/2 Bata Merah 1:5
Dari perhitungan di atas, di ketahui bahwa harga total untuk menyelesaikan pekerjaan 1 m2 pasangan 1/2 bata dengan campuran 1:5 (1 semen : 5 pasir) adalah Rp. 62.980,-. Untuk menghitung kebutuhan total, kita perlu menghitung volume total yang akan di bangun. Untuk menghitung volume total saya pikir tidak terlalu sulit, karena kita tinggal menghitung dengan rumus panjangxlebar. Misalnya seperti ini:
Panjang yang akan di bangun=10 m, lebar/tinggi=3 m, jadi kebutuhan total=30 m2.
Untuk mengitung jumlah bahan dan kebutuhan biayanya, tinggal kita kalikan volume dengan koefisien dikalikan dengan harga bahan dan upah:

Dari perhitungan di atas diperoleh biaya total untuk menyelesaikan pasangan bata 30 m2 dibutuhkan biaya Rp. 1.889.400,-. Angka di kolom kebutuhan bahan dan tenaga (B) di peroleh dari perkalian antara koefisien dengan volume pasangan bata. Harga material dan upah pekerja yang tertera di atas hanya sebuah contoh dan tidak baku, kita bisa menyesuaikan dengan harga material dan upah yang ada di daerah kita.
Demikian contoh perhitungan pasangan 1/2 bata dengan campuran adukan 1 pc:5ps
Teknik Sipil - Tujuan dari mengurai pekerjaan adalah untuk memudahkan dalam perhitungan volume. Jika pekerjaan-pekerjaan sudah diuraikan maka perhitungan volume akan lebih mudah dikerjakan dengan mengacu pada gambar bestek……adapun contoh dari menguraikan pekerjaan adalah sebagai berikut :……….
Pekerjaan Persiapan, galian dan Urugan
  • Pekerjaan perbersihan lokasi
  • Pekerjaan pengukuran dan pemasanga bouwplank
  • Pekerjaan galian tanah
  • Urugan tanah kembali
  • urugan pasir dibawah pondasi
Pekerjaan Pondasi dan Beton
  • Pekerjaan pasangan pondasi batukali
  • Pekerjaan sloof beton
  • Pekerjaan kolom beton
  • Pekerjaan ringalk
Pekerjaan Pasangan dan Plesteran
  • Pasangan dinding ½ bata trasram
  • Pasangan dinding ½ bata non-trasram
  • Plesteran trasram
  • Plesteran non trasram
Pekerjaan Lantai
  • Urugan pasir dibawah lantai
  • Pasangan lantai keramik 30 x 30
  • Pasangan lantai 20 x 20
Pekerjaan Atap
  • Kuda-kuda
  • rangka atap
  • Bubungan
  • Penutup atap genteng
  • Lisplank
Pekerjaan Plafon
  • Rangka Plafon
  • Plafon Triplek
Pekerjaan Kusen, Pintu dan Jendela
  • Kusen pintu dan jendela
  • Daun pintu
  • Daun jendela
  • Boven ligh
Pekerjaan Perlengkapan Pintu dan Jendela
  • Kunci pintu
  • Engsel pintu
  • Engsel Jendela
  • Grendel pintu
  • Grendel Jendela
  • Hak angina
  • Tarikan jendela
Pekerjaan Sanitair
  • Bak mandi fiberglass
  • Kloset jongkok
  • Kran
  • Septick Tank
  • Sumur Resapan
Pekerjaan Instalasi Air
  • Instalasi air bersih
  • Instalasi air kotor
Pekerjaan Instalasi Listrik
  • Instalasi titik nyala lampu
  • Lampu pijar
  • Penyambungan daya ke PLN
Pekerjaan Pengecetan
  • Pengecetan dinding
  • Pengecetan Plafon
  • Pengecetan Lisplank
  • Pengecetan daun pintu
  • Pengecetan daun jendela
Pekerjaan Lain -Lain
  • Pembersihan lokasi akhir
Keuntungan
Keuntungan apabila terlebih dahulu kita menghitung biaya pembuatan rumah adalah sebagai berikut :
  1. Mengetahui bahan bangunan apa saja yang akan digunakan untuk diadakan/dibeli (Apabila dikerjakan sendiri)
  2. Volume macam-macam bahan bangunan yang dibutuhkan dalam membuat rumah/bangunan lainya dapat diketahui.
  3. Jumlah biaya yang diperlukan untuk pembuatan rumah/bangunan lain tersebut dapat diperkirakan sehingga perputaran keuangan dapat diatur.
  4. Pekerjaan-pekerjaan apa saja yang sudah ataupun yang beleum selesai dikerjakan (Apabila dikerjakan pihak kedua/orang lain) dapat dikontrol.
  5. Pemilik dapat terbantu dalam bernegoissi tentang harga penawaran kontraktor atau pihak kedua, sehingga tidak merugikan pemilik sebagai pihak pertama.
7.      A. PEKERJAAN AWAL
8.      1. Pembersihan Lokasi
9.      Teknik Sipil - Sebelum memulai pekerjaan lokasi perlu dibersihkan, biasanya di table RAB pembersihan lokasi dihitung dengan satuan lump sump, yang artinya harga perkiraan.
10.   
11.  2. Pekerjaan Pengukuran dan Bouwplank.
12.  Pekerjaan Pengukuran adalah pekerjaan mengukur batas-batas dan peil dari suatu bangunan yang diikuti dengan pekerjaan Bouwplank. Cara menghitung Volume = (pajang bangunan + 2 meter) x 2 + (lebar bangunan +2 meter) x 2 = meter Volume untuk denah diatas = (15+2) x 2 + (8,5+2) x 2 = 55 meter
13.   
14.   
15.  B. PEKERJAAN GALIAN DAN URUGAN
16.  1. Galian Fondasi Batu kali
17.  Lebar bawah fondasi = 60 cm, lebar atas fondasi = 30 cm, tinggi fondasi = 60cm. Panjang = (8,5+1,5+1,5+5+2+3+7+5) + (15+10+1,5+3,5+4+3+15) = 85,5 m. Lebar galian diambil lebar fondasi ditambah 20 cm menjadi 80 cm, kedalaman galian sama dengan tinggi fondasi 60 cm. Volume galian fondasi batu kali = 0,8 x 0,6 x 85,5 = 41,04 m3 Urugan Kembali bekas galian diambil 40% dari 41,04 m3 = 16,42 m3
18.   
19.  2. Galian Fondasi Plat.
20.  Jumlah fondasi 17 bh, lebar galian = 20+80 = 100 cm, dalam galian = 80 cm. Volume galian = 17 x 1 x 0,8 = 13,6 m3 Urugan Kembali 40% dari 13,6 m3 = 5,44 m3
21.   
22.  3. Galian Saluran Air kotor
23.  Saluran menggunakan pralon 4”, panjang saluran = (1,5+2+1,5+2,5+4+3+2)+(2+2+1,5+2,5+2) + (7+3+2) = 38,5 m Kedalaman galian diambil rata-rata 0,5 meter lebar 0,5 meter.Volume = 0,5 x 0,5 x 38,5 = 9,63 m3 Urugan kembali 40% dari 9,63 = 3,85 m3
24.   
25.  4. Urugan Lantai
26.  Luas Lantai yang diurug = 8,5 x 15 = 127,5 m2, Tinggi Urugan = 0,5 cm Volume Urugan = 63,75 m3
27.   
28.   
29.  C. PEKERJAAN PASANGAN FONDASI
30.  1. Pasangan Fondasi Batu Kali
31.  Panjang Fondasi = Panjang galian = 85,5 meter Lebar atas fondasi = 0,3 m, lebar bawah fondasi = 0,6 m, tinggi = 0,6 m.Luas = (0,3+0,6) / 2 x 0,6 = 0,27 m2. Volume Pasangan Fondasi = 0,27 x 85,5 = 23,09 m3 Campuran yang sering dipakai 1 PC : 3 Pasir, 1 PC : 4 Pasir, 1 PC : 5 Pasir, 1PC : 6 Pasir, 1 PC : 8 Pasir. Untuk daerah – daerah yang air tanahnya cukup tinggi sebaiknya gunakan campuran 1 PC : 3 Pasir , untuk menghindari agar air tanah tidak naik keatas melaluipasangan Fondasi, dan untuk daerah yang biasa sebaiknya gunakan spesiperbandingan 1 PC : 5 Pasir.
32.   
33.  2. Pekerjaan Fondasi Plat
34.  Jumlah fondasi = 17 bh, ukuran fondasi 0,8 x 0,8 Luas Penampang 1 = (0,2+0,8) / 2 x 0,05 = 0,03 m2 Luas Penampang 2 = (0,2 x 0,8) = 0,16 m2 Jumlah = 0,03 + 0,16 = 0,19 m2 Volume 1 bh fondasi = 0,19 x 0,8 = 0,15 m3 Volume 17 bh Fondasi = 17 x 0,15 = 2,55 m3 Karena Fondasi termasuk struktur utama gunakan analisa setiap 1 m3 beton membutuhkan 200 kg besi beton
36.  Teknik Sipil - Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan diekeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional dengan nomor SNI 7394:2008. Sesuai dengan judulnya SNI maka didalamnya berisi perhitungan harga satuan pekerjaan beton. Pembaca yang saya hormati, pada kali ini kami akan sedikit menuliskan bagaimana cara menghitung dak beton, juga sering disebut plat beton atau bisa disebut juga plat lantai beton. Kami batasi bahwa yang kami maksud hitungan bukanlah cara hitung kekuatan dak beton, akan tetapi dari SNI yang akan kami sajikan nantinya kita coba uraikan beberapa informasi yang semoga dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Baiklah langsung saja kita ke TKP, pada SNI 7394:2008 dan lebih tepatnya pada halaman 12 pada poin nomor 6.32 Membuat 1 m3 plat beton bertulang (150 kg besi + bekisting). 
37.   

39.  Analisa Harga Satuan Membuat 1 m3 Plat Beton Bertulang (150 kg besi + bekisting)
40.  Kita lihat table, dalam perhitungan harga satuan plat beton secara garis besar ada 2 komponen utama yaitu komponen bahan dan komponen tenaga kerja. Dimana komponen bahan terdiri dari 3 bagain utama yaitu beton, begisting atau cetakan beton sekaligus perancah (tiang penyangga) dan komponen bahan yang ketiga adalah besi beton.
41.  Keterangan table
42.   
43.   
44. 
45.   
46.  Tabel 51.2 Tabel Hubungan Kelas Kayu Dengan Berat Jenis
47.  Dari table 51.2 dapat anda ketahu bahwa semakin berat sebuah kayu, maka semakin baik kayu tersebut. Sedangkan yang dimaksud indeks adalah jumlah kayu kelas III yang dibutuhkan untuk membuat 1m3 beton, yang dalam hal ini berarti Untuk membuat 1m3 plat beton dibutuhkan kayu kelas III sejumlah 0.32 m3.
48.   
49.  Paku 5 cm – 12 cm: Kami sangat yakin pada poin ini anda sudah faham. Yaa…. paku yang dimaksud adalah paku besi yang biasa kita dapatkan ditoko bahan bangunan, biasanya yang tersedia dipasaran adalah paku dengan ukuran panjang memakai satuan inch. Yang dimaksud dalam tabel tersebut berarti adalah dalam membuat 1 m3 plat beton dibutuhkan paku sejumlah 3.2 kg.
50.   
51.  Minyak begisting : Salah satu fungsi utama minyak ini berfungsi agar begisting tidak menempel dengan kuat pada beton yang sudah dicor, artinya bahwa tujuan penggunaan minyak ini adalah supaya ketika pembongkaran begisting setelah selesai pengecoran begisting mudah dibongkar tidak rusak dan selanjutnya dapat digunakan lagi untuk pengecoran. Penulis kurang tahu minyak begiting yang tersedia dipasaran seperti apa dan seberapa mudah didapatkan pada toko-toko bahan bangunan diwilayah anda. Hanya penulis pernah mengganti minyak begisting ini dengan oli bekas dicampur`dengan solar, hasilnya menurut penulis tidak mengecewakan. Artinya dari table ini adalah bahwa dalam membuat 1 m3 plat beton dibutuhkan minyak begisting 1.6 liter.
52.   
53.  Besi beton polos : Sudah pernah kita uraikan apa itu besi beton polos, yang jelas adalah besi beton yang polos adalah tidak bersirip atau ulir atau deform. Dalam SNI ini tidak disebutkan diameter dari besi tersebut akan tetapi berapapun diameter yang digunakan berat yang dimaksud adalah 157.5 kg.
54.  PC, PB, KR : Yang dimakasud PC, PB, KR dapat anada lihat di table 51.3. Artinya PC (semen) bahwa dalam membuat 1 meter kubik plat beton dibutuhkan semen 336 kg, nah kalau semen 336 kg ini berapa zak, anda hitung sendiri ya untuk PB dan KR saya yakin anda sudah paham.
55.   
56.  Plywood 9 mm : Biasa disebut juga multipleks dengan tebal 9mm, dipasaran tersedia dengan ukuran 1.2 m x 2.4 m tiap lembarnya. Dolken kayu galam, f (8-10) cm, panjang 4 m : ini digunakan untuk tiang penyangga begisting jadi bisa digunakan apapun itu asalkan kuat. Di banyak tempat untuk tiang penyangga plat ini digunakan bamboo. Tenaga kerja : sama seperti tulisan kita terdahulu.
57.   
58.  Pembaca, kami sangat menyarankan agar anda membaca dahulu SNI 7394:2008, diharapkan dengan itu bahwa tulisan kami ini dapat dipahami dan dapat digunakan secara optimal. Terutama sekali baca pada poin nomor 1 dengan sub judul RUANG LINGKUP (halaman 1) sampai dengan poin nomor 5 dengan sub judul PERSYARATAN TEKNIS (halaman 3). Secara garis besar sebagaimana tulisan kita terdahulu, kami sajian dulu SINGKATAN ISTILAH.
59.   


62.  Kolom (a), (b), dan (c)merupakan bersumber dari SNI 7394:2008 dan yang diperlukan setelah ini adalah kolom (d) dan Kolom (e).
63.   
64.  Harga satuan (d): merupakan harga masing-masing komponen penyusun pembuatan plat beton. Pada table harga satuan ini hanya pemisalan dari penulis, sedangkan yang harus anda lakukan adalah mengganti harga satuan tersebut di atas dengan harga satuan di daerah dimana anda mengerjakan rumah yang tentu saja bervariasi tergantung dimana anda akan membangun rumah. Harga (e): merupakan hasil perkalian indeks volume pekerjaan(c) dengan harga satuan (d)
65.   
66.  Total harga merupakan biaya keseluruhan biaya yang diperlukan untuk membuat 1 meter kubik plat beton sampai jadi, dimana hal ini juga berarti sampai dengan pembongkaran begisting (cetakan beton). Pada  didapatlkan harga plat beton tiap meter kubik Rp 4.067.055
67.  Tentu saja hal ini dengan asumsi bahwa harga satuan material dan tenaga sesuai dengan yang tercantum di kolom (d) dan besi yang dibutuhkan adalah 157.5kg.
68.   
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

HITUNGAN BIAYA JASA BORONGAN

ORDER BORONGAN

JASA DAN MATERIAL NUTUP DAPUR DAN TERAS RUMAH SUBSIDI

Basic

HARGA NUTUP BELAKANG RUMAH SUBSIDI TIPE 30 /60

5% off
Rp 37.000.000
  • NUTUP DAPUR DAN TERAS I
  • Pondasi batu kali 9m area dapur
  • ✏✍Pasang dinding hebel 28m2
  • ✏✍ Struktur Slof, tiang dan balok besi 8
  • Plester aci 28m2
  • ✏✍Dak toren
  • ✏✍Pasang atap dapur rangka baja ringan atap asbes
  • ✏✍Pasang plafon grc/gypsum
  • ✏✍cor dapur dan pasang keramik dapur (note keramik mulia sta)
  • ✏✍Pasang keramik lantai dapur(note keramik mulia sta)
  • ✏✍Pasang talang dapur
  • ✏✍Pasang keramik teras 24m2(note keramik mulia sta )
  • ✏✍Pasang kanopi teras baja ringan atap spandek pasir /spandek polos
  • -
Order Sekarang

JASA & MATERIAL

Basic

CAT AVITEX

5% off
Rp 35.000/M2
  • JASA TUKANG CAT AVITEX
  • Specifikasi : 1. Pekerjaan Plamir dasar dan pengamplasan 2. Pekerjaan Finishing cat Avitex sta (interior) 3. Upah pekerja(Jasa pekerjaan)
  • -
Order Sekarang
Personal

DULUX CATYLAC

5% off
Rp 40.000/M2
  • JASA TUKANG CAT DULUX CATYLAC
  • Specifikasi : 1. Pekerjaan Plamir dasar dan pengamplasan 2. Pekerjaan Finishing cat dulux sta (interior) 3. Upah pekerja(Jasa pekerjaan)
  • -
Order Sekarang

JASA & MATERIAL

Developer

DULUX EASY CLEAN

5% off
Rp 45.000/M2
  • JASA PENGECATAN DULUX EASY CLEAN
  • Specifikasi : 1. Pekerjaan Plamir dasar dan pengamplasan 2. Pekerjaan Finishing cat dulux sta (interior) 3. Upah pekerja(Jasa pekerjaan)
Order Sekarang
Personal

DULUX PENTALITE

5% off
Rp 47.000/M2
  • TUKANG CAT DULUX PENTALITE
  • Specifikasi : 1. Pekerjaan Plamir dasar dan pengamplasan 2. Pekerjaan Finishing cat dulux pentalite sta (exterior) 3. Upah pekerja(Jasa pekerjaan)
  • -
Order Sekarang

JASA & MATERIAL

Basic

VINILEX

0%off
Rp 35.000/M2
  • Specifikasi : 1. Pekerjaan Plamir dasar dan pengamplasan 2. Pekerjaan Finishing cat vinilex sta (interior) 3. Upah pekerja(Jasa pekerjaan)
  • -
Order Sekarang
Personal

CAT JOTUN

2% off
Rp 47.000/m2
  • RBerikut ini harga jasa pengecatan dinding interior menggunakan cat merc jotun majesty dengan harga permeter persegi 50.000 karena masih promo ada discon jadi 47.000/m2
  • -
Order Sekarang

CAT TOA

Basic

TOA

2% off
Rp 40.000
  • Berikut ini harga jasa pengecatan dinding interior menggunakan cat merc Toa 4 season dengan harga permeter persegi 40.000
  • -
  • -
Order Sekarang
Personal Developer

JASA PENGECATAN CAT PROPAN

0% off
Rp 40.000
  • Berikut ini adalah harga jasa dan material untuk pengecatan dinding dengan merc Propan dengan cat propan interior ini kami kasih harga promo 40.000/m2
Order

JASA SAJA

Basic Personal

DINDING

0% off
Rp 150.000
  • PASANG BATA 35.000/M2
  • PLESTER ACI 45.000/M2
  • SEKONENGAN /SUDUTAN35.000/M'
  • TALI AIR 25.000/M'
  • PENGECATAN EXTERIOR 15.000/M2
  • PENGECATAN INTERIOR 12.000/M2
  • KHUSUS LANTAI DASAR NAIK LANTAI 5RB/M2
Order Sekarang
Personal

JASA LAINNYA

PERBAIKAN/MANTENACE
Rp 0.000
  • .............
  • .............
  • .............
  • .............
  • .............
  • .............
  • -
Order Sekarang

HARGA BORONGAN 2023

Basic

SEDERHANA

5% off
Rp 3.150.000/M2
  • BANGUNAN RUMAH SEDERHANA
  • borongan PONDASI : CAKAR AYAM,BATU KALI STRUKTURE :BESI BETON 6/8/10 DINDING :BATA RINGAN/HERBEL CAT:VINILEX ATAP:BAJA RINGAN GENTENG :GENTENG PRESS KUSEN:KAYU MERANTI KERAMIK :ASIA TILE 30X 30 closed ina PLAFON GYPSUM
  • -
Order Sekarang
Personal

MENENGAH

10% off
Rp 3.720.000/M2
  • BANGUNAN RUMAH MENENGAH
  • PONDASI : CAKAR AYAM,BATU KALI STRUKTURE :BESI BETON 6/8/10 DINDING :BATA RINGAN/HERBEL/BATA MERAH CAT:MOVILEX ATAP:BAJA RINGAN GENTENG :M-CLASS/KIA SANITARI:TOTO STANDART PLAFOND :RANGKA HOLLOW/GYPSUM KUSEN:KAYU KAMPE/ALUMUNIUM KERAMIK :GRANITE EX CINA
  • -
Order Sekarang

JASA & MATERIAL

Developer

MEWAH

5% off
Rp 4.999.000-5.500.000/M2
  • RUMAH MEWAH
  • PONDASI :CAKAR AYAM STUKTURE :BESI BETON 6/8/10/13 DINDING :BATA MERAH KUSEN :KANFER KERAMIK:GRANITE 60 X60/ROMAN 40 X40 SANITARI :TOTO STANDARD ELEKTRICAL :KABEL ETERNA/BROCO PLAFOND :RANGKA GALVANIS/JAYA BOARD 9MM CAT :DULUX/MOVILEX ATAP :BAJARINGAN/ALUMUNIUM FOIL GENTENG M-CLASS
Order Sekarang
Personal

RUKO

10% off
Rp 2.680.000/M2
  • BANGUNAN RUKO
  • PONDASI : CAKAR AYAM,BATU KALI STRUKTURE :BESI BETON 6/8/10 DINDING :BATA RINGAN/HERBEL CAT:VINILEX ATAP:BAJA RINGAN GENTENG :SPANDEK SANITARI:INA STANDART PLAFOND :RANGKA HOLLOW/GYPSUM KUSEN:KAYU KAMPE/ALUMUNIUM KERAMIK :KERAMIK MULA ATAU SEJENISNYA
  • -
Order Sekarang

PLAFON DAN ATAP

Basic

PLAFON

0%off
Rp 135.000/M2
  • RANGKA HOLLOW GALVANIS
  • PLAFON GYPSUM A PLUS,GYPROC
  • LIST GYPSUM
  • BONGKARAN TAMBAH 25.000/M2
  • KHUSUS LANTAI DASAR
  • JIKA NAIK LANTAI 1 TAMBAH 10 RB DAN SETERUSNYA
  • -
Order Sekarang
Personal

BORONGAN JASA +MATERIAL ATAP

2% off
Rp 230.000/m2
  • Rangka baja ringan c.075
  • Reng 0.30-0.33
  • metal pasir,spandek
  • talang air bicarakan lagi
  • ban banan bicarakan lagi
  • bongkaran 35.000/m2
  • -
Order Sekarang

BORONGAN JASA

Basic

BORONGAN JASA LANTAI

2% off
Rp 65.000/M2
  • PASANG KERAMIK
  • ATAU PASANG GRANITE
  • KHUSUS LANTAI
  • LIST / PLIN 25.000/M'
  • BONGKARAN 35.000/M2
  • -
  • -
Order Sekarang
Personal Developer

BORONGAN JASA KAMAR MANDI STANDARD

10% off
Rp 2.500.000/UNIT
  • BONGKAR PASANG CLOSED
  • BONGKAR PASANG KERAMIK LANTAI & DINDING
  • BONGKAR PASANG FLOORDRAIN
  • INTALASI AIR BERSIH
  • PASANG KRAN
  • JIKA ADA TAMBAHAN DI LUAR LIST BISA DI BICARAKAN LAGI
  • BORONGAN JASA KAMAR MANDI MEWAH ANTARA 4JT-8JT
DETAIL PRODUK

JASA SAJA

Basic Personal

BORONGAN JASA DINDING

0% off
Rp 35.000/M2
  • PASANG BATA 35.000/M2
  • PLESTER ACI 45.000/M2
  • SEKONENGAN /SUDUTAN35.000/M'
  • TALI AIR 25.000/M'
  • PENGECATAN EXTERIOR 15.000/M2
  • PENGECATAN INTERIOR 12.000/M2
  • KHUSUS LANTAI DASAR NAIK LANTAI 5RB/M2
Order Sekarang
Personal

JASA LAINNYA

PERBAIKAN/MANTENACE
Rp 0.000
  • .............
  • .............
  • .............
  • .............
  • .............
  • .............
  • -
Order Sekarang

JASA

Basic

BORONGAN JASA GALIAN TANAH PONDASI

5% off
Rp104.000/M3
  • JASA GALIAN TANAH
  • -
Order Sekarang
Personal

BORONGAN JASA URUGAN TANAH

5% off
Rp 94.000/M3
  • URUGAN TANAH
  • LEVELING LANTAI
  • -
Order Sekarang

JASA

Developer

BORONGAN JASA PONDASI

5% off
Rp160.000/M3
  • PONDASI BATU KOSONG
  • PONDASI BATU ADUKAN
Order Sekarang
Personal

BORONGAN JASA DAN MATERIAL DAK COR

4% off
Rp 2.100.000/M2
  • BETON PLAT DAK
  • CAKAR AYAM
  • BETON BERTULANG SLOFF,KOLOM,BALOK
  • BESI 10-12 WAREMESS 8
Order Sekarang

JASA

Basic

BORONGAN JASA PASANG KUSEN PINTU

0%off
Rp350.000/UNIT
  • PASANG KUSEN PINTU
  • PASANG DAUN PINTU
  • PASANG KUNCI
  • -
Order Sekarang
Personal

BORONGAN JASA JENDELA

2% off
Rp 240.000/UNIT
  • PASANG KUSEN
  • PASANG DAUN JENDELA
  • PASANG KUNCI
  • -
Order Sekarang

JASA SAJA

Basic

BORINGAN JASA BATHUP

2% off
Rp 1.150.000/UNIT
  • PASANG BATHUP
  • INTALASI AIR KOTOR
  • PASANG KERAMIK /GRANIT BATHUP
  • LIST / PLIN
  • -
  • -
  • -
Order Sekarang
Personal Developer

BORONGAN JASA GANTI CLOSED JONGKOK KE DUDUK

10% off
Rp 1.500.000/UNIT
  • BONGKAR CLOSED JONGKOK
  • BONGKAR PASANG KERAMIK LANTAI
  • BONGKAR PASANG FLOORDRAIN
  • INTALASI AIR BERSIH
  • PASANG CLOSED DUDUK
  • -
  • -
DETAIL PRODUK

JASA SAJA

Basic

BORONGAN JASA BUAT TANGGA BETON

10% off
Rp 3.600.000/UNIT
  • BEGISTING
  • COR PLAT TANGGA
  • COR ANAK TANGGA/PASANG BATA
  • TINGGI 3,5-4 M
Order Sekarang
Personal

BORONGAN JASA PASANG KERAMIK TANGGA

5% off
Rp 86.000/ANAK TANGGA
  • JASA PASANG KERAMIK
  • ATAU GRANIT ANAK TANGGA
Order Sekarang

PILIH LINK JASA TUKANG

HUBUNGI KAMI



HADI KARYA MANDIRI
 

WILAYAH  JAKARATA BEKASI CIKARANG DAN KARAWANG
  • TAMAN ALAMANDA BLOK BB2/37 KARANGSATRIA,TAMBUN UTARA BEKASI
  • PERUMAHAN CENTRAL PACK CIKARANG BLOK F 6 NO 4 CIKARANG BEKASI
  • PERUMAHAN GRAND CIKARANG CITY 2  BLOK E13 No 45

  • WILAYAH JAWA TENGAH
  • JL.BAHARI ROWOSARI RT 02 RW 1 DUSUN GAJAHOYO DESA ROWOSARI KENDAL-SEMARANG JATENG
  •  DUKUH GENTING RT 002 RW 006 METESEH TEMBALANG SEMARANG
  • DUKUH GEMPOL KENTENG RT 008 RW 001 NO 515 NOGOSARI  BOYOLALI
 ORDER


Whatsapp 1 /tlpn:0813-2501-0023 Whatsapp2/tlpn:0878-7551-0311        
EMAIL:cvhkm1@gmail.com

 
Support : www.tukanghkm.com | www.cleaninglaba2.com | www.cleaninglaba2.com
Copyright © 2013. CV.HADI KARYA MANDIRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger

Hello!

Klik salah satu perwakilan dari kami untuk ngobrol di WhatsApp atau kirim email di cv.hkm1@gmail.com

Support Customer Service 1
6281325010023
Sales Customer Service 2
6287875510311
Call us to +62878-7551-0311 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! Apa yang dapat kami bantu?
×
Customer service